Halaman

Minggu, 05 November 2023

cloud storage

MATERI CLOUD STORAGE ATAU PENYIMPANAN AWAN

 

Dahulu ketika Anda ingin menyimpan atau mengirim file dari satu gawai ke gawai lain, Anda harus menggunakan flashdisk, floppy disk (disket) atau CD. Namun saat ini, Anda bisa menyimpannya di aplikasi seperti Google Drive atau OneDrive dan file tersebut bisa diakses melalui gawai apapun selama alat tersebut tersambung dengan internet. 

Layanan penyimpanan data melalui internet dengan system cloud berkembang dengan pesat. Beberapa layanan cloud yang banyak digunakan antara lain: dropbox, google drive. Mega.nz, AWS Amazon, dll. Diantara layanan cloud storage tersebut google drive merupakan yang paling popular dan sering digunakan oleh banyak pengguna. Google drive memberikan free space sebesar 15 GB untuk beragam format file.

Pengertian Cloud Storage

Cloud merupakan suatu teknologi terbaru yang memanfaatkan awan atau internet sebagai media server atau pusat kendali terhadap software – software yang anda gunakan. Sedangkan storage adalah media penyimpanan seperti harddisk pada komputer dan flashdisk dengan bentuk yang lebih mungil.

Cloud storage merupakan  terobosan baru dalam dunia storage atau penyimpanan data yang menonjolkan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan media simpan offline seperti hardisk dan flashdisk. Jadi, data yang disimpan ke dalam cloud storage akan disimpan di sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan atau yang biasa disebut hosting. Anda bisa mengakses data tersebut di mana saja selama ada koneksi internet.

Adapun tugas dari perusahaan penyedia layanan cloud storage adalah untuk memastikan kalau data yang Anda simpan aman dan dapat diakses dengan cara mengelola jaringan, server dan infrastruktur terkait dengan baik. Dibandingkan dengan flashdisk atau penyimpanan offline lainnya, sistem cloud storage lebih efisien, sebab Anda tidak perlu takut kehabisan tempat untuk menyimpan data, takut terkena virus atau takut karena hardware penyimpan data tersebut hilang. Dengan menggunakan teknologi iniAnda bisa mengakses file tersebut di mana pun dan kapan pun selama Anda bisa mengakses internet dan data tersebut aman dari virus.

Individu biasanya menggunakan cloud storage untuk menyimpan data seperti gambar, file, atau dokumen. Sedangkan pada bisnis, cloud storage biasanya digunakan untuk kebutuhan yang lebih rumit seperti data backup, membuat DevOps projects, pengarsipan data (archiving), dan lain sebagainya.


 Contoh Penyedia Layanan Cloud Storage / Penyimpanan Awan








1. Google drive
 

2. One drive

3. pCloud

4. Sync.com

5. Idrive

6. Dropbox

7. Mega

Cara Kerja Cloud Storage

Salah satu keunggulan menyimpan file atau data menggunakan penyimpanan awan adalah kepraktisannya. Sebab, cara kerja sistem ini cukup mudah, yaitu:

  1. Anda mengirim file atau data melalui jaringan internet ke komputer yang disebut dengan server
  2. Server ini disimpan dan dikelola di sebuah tempat bernama data center. Biasanya, data yang dikirimkan pelanggan tidak hanya disimpan di server sebuah data center saja. Namun, juga disimpan di sejumlah server di beberapa data center di seluruh dunia. Tujuannya adalah untuk berjaga-jaga jika ada satu server atau data center yang mengalami kerusakan. 
  3. Anda lantas dapat mengunduh dan membagikan file yang disimpan tersebut kepada orang lain dengan mudah asalkan memiliki akses internet. Entah itu melalui website, aplikasi maupun application programming interface (API). 

Manfaat dan Kelemahan Cloud Storage

1.      Manfaat cloud storage
 ·       Dapat diakses dari mana saja
Kita dapat mengakses data dari mana saja dengan syarat perangkat akses dan koneksi internet. Contoh: guru mengupload video ke youtube, kemudian Anda bisa mengakses video tersebut dimanapun anda berada. 
·       Bisa berbagi file dengan mudah
Cloud storage memungkinkan Anda dapat berbagi file dan folder dengan orang lain, bekerja bersama pada dokumen yang sama secara online, dan mengatur izin akses untuk mengontrol siapa yang dapat melihat atau mengedit data Anda. Hasil penelitian dari Fiqih Ismawan, dkk (2018) dalam judul penelitian “Pengoptimalan Cloud Storage-Google Drive Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru SMP dan SMA” dari Universitas Indraprasta PGRI, mengatakan bahwa Pemanfaatan teknologi cloud storage google drive yang akan direalisasikan kepada guru-guru antara lain: Google calendar, Google docs, Google sheet, Google slide, google form, Google drive. Yang kemudian file-file ini bisa dibagikan kepada peserta didiknya.
·       Biaya yang terjangkau
Layanan cloud storage sering kali menawarkan berbagai pilihan tarif yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda hanya membayar untuk kapasitas yang Anda gunakan, yang dapat menjadi lebih ekonomis daripada membeli dan merawat perangkat keras penyimpanan sendiri. Dan bahkan ada layanan cloud storage yang gratis. 
·       Terintegrasi dengan aplikasi
Banyak layanan cloud storage menawarkan integrasi dengan aplikasi lain, seperti email, sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses data Anda dari berbagai perangkat dan aplikasi.
·       Ramah lingkungan
Menggunakan layanan cloud storage dapat mengurangi kebutuhan akan perangkat keras penyimpanan fisik, yang dapat membantu mengurangi dampak lingkungan.
·       Data lebih aman
Kelebihan cloud storage selanjutnya adalah dari segi keamanan penyimpanan data. Jika menggunakan hardware seperti flashdisk dan harddisk, kemungkinan hardware tersebut rusak atau hilang sangatlah besar. Riskan sekali data perusahaan disimpan secara offline karena bisa ikut hilang. Akan tetapi lain hal jika kita menyimpan secara online, data tersbut tidak akan hilang atau rusak dan dapat diakses ulang.
·       Privasi yang Lebih Terjaga
Ketika mengakses cloud storage, Anda harus memiliki akun dengan memakai username dan password yang sudah diatur sebelumnya. Anda bisa menjaga data perusahaan dari pencurian orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan demikian, privasi perusahaan akan lebih terjaga karena data tidak mudah diambil oleh sembarang orang. Hanya orang-orang yang memiliki akses kepada akunnya saja yang bisa membuka data di cloud storage.

2.      Kelemahan cloud storage
·     Bergantung pada koneksi internet
Cloud storage yang hanya memerlukan koneksi internet membuat pengguna tidak dapat mengaksesnya saat koneksi internet tidak tersedia. Hal ini menjadi kelemahan karena bisa saja saat penyimpanan data dibutuhkan justru tidak bisa diakses dan tidak ada alternatif lain.
·     Rentan dibajak
Cloud storage sudah pasti memiliki keamanan yang tinggi guna menjaga data pengguna. Namun, tidak menutup kemungkinan jika data tersebut bisa dibajak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
·     Permasalahan teknis
Permasalahan teknis bisa saja terjadi, seperti pengguna melupakan kata username atau password dari akun yang dimiliki. Sehingga, perlu untuk menghubungi layanan konsumen yang disediakan oleh penyedia cloud storage

Cara Menggunakan Google Drive



Referensi:

https://diskominfo.kuburayakab.go.id/read/76/kenali-yuk-apa-sih-cloud-storage-bagaimana-cara-kerjanya-dan-apa-saja-keuntungannya
https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-info/p-manfaat-kelebihan-kelemahan-cloud-storage/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar